Jika Jadi Gubernur, Sarwono Usul Pusat Pemerintahan Dipindah
Ramdhan Muhaimin – detikcom

Jakarta – Konsep pemindahan pusat pemerintahan pernah ditawarkan, tetapi ditolak saat mantan Presiden Soeharto berkuasa. Namun cagub DKI Jakarta Sarwono Kusumaatmadja lagi-lagi akan mengusulkan konsep itu jika menang Pilkada nanti.

“Konsep ini pernah saya tawarkan di masa Orba, tetapi mereka tidak tertarik. Mudah-mudahan pemerintah sekarang tertarik, apalagi setelah banjir ini. Kalau tidak juga ya terserah,” kata Sarwono usai bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (8/2/2007).

“Saya sudah dua tahun lalu bicara soal pemindahan pusat pemerintahan, misalkan saja pindakan saja ke Jonggol, tetapi bukan pemindahan ibukota. Sudah banyak negara yang melakukan konsep ini dan berhasil,” ujar senator asal Jakarta ini.

Menurutnya, kalau pemindahan ini dilakukan banyak hal yang bisa dibangun. “Sehingga DKI Jakarta dapat melakukan pembenahan tata ruang kota tanpa beban yang berat seperti pembenahan yang terkait manajemen lingkungan dan saluran air,” terang mantan menteri lingkungan hidup ini.(aan/nrl)

sumber: http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/02/tgl/08/time/161250/idnews/739953/idkanal/10