POSKO BANJIR BANTARAN KALI CILIWUNG

JAKARTA. Naiknya permukaan air di pintu air Depok hingga 3,2 m menyebabkan ratusan rumah di Bidara Cina, Jatinegara, Kampung Melayu dan sekitarnya terendam air sejak Selasa (30/1). Banjir ini sempat membuat warga terkejut mengingat sehari sebelumnya tidak ada hujan di daerah mereka, namun banjir memasuki rumah-rumah warga di sana sejak pukul 5 pagi. (detik.com)

Relawan Rumah Zakat Indonesia langsung datang ke lokasi bencana pada Rabu (31/1). Ada 3 posko korban banjir yang di dirikan untuk pusat bantuan korban banjir: POSKO I yaitu: berlokasi di Jl. Otto Iskandar Dinata Gang Kampung Melayu RW 09 Kampun Melayu. POSKO II yaitu: Harapan Baru Bekasi Barat. POSKO III yaitu: Tangerang.
Kegiatan di Posko Banjir Rumah Zakat Indonesia antara lain :

1. Dapur Umum
2. Balai Pengobatan
3. Tenda Pengungsi
4. Penyaluran pakaian layak pakai
5. Penyaluran kornet Superqurban dan makanan siap saji Siaga Gizi Nusantara

Adapun bagi warga yang hingga kini masih bertahan di rumah mereka, pembagian makanan dilakukan dengan melempar nasi bungkus dari perahu karet yang berpatroli mengelilingi pemukiman. Warga-warga ini kini tinggal di lantai 2 rumah mereka yang mereka jauh-jauh hari sebelumnya dipersiapkan sebagai alternatif mengungsi.

Pemberian makanan kepada korban banjir yang masih bertahan di rumah masing-masing ini cukup unik yaitu dengan cara dilempar. Karena mereka tidak bisa keluar untuk mengungsi disebabkan air yang tinggi. Saat ini mereka tinggal dilantai 2 yang sengaja mereka siapkan untuk antisipasi ketika banjir datang.

Wilayah banjir yang cukup luas mengakibatkan sebagian besar warga masih membutuhkan bahan makanan, obat-obatan, pakaian, serta tenda untuk mengungsi. Relawan Rumah Zakat Indonesia akan senantiasa beruapaya memberikan bantuan yang terbaik bagi para korban banjir.***Newsroom/Maya Shafira, Jakarta

Saat ini bantuan yang paling mendesak di butuhkan adalah bantuan makanan siap saji, logistic dan obat-obatan. Paket Bantuan yang bisa kita salurkan untuk korban banjir antara lain:
1. PAKET A Rp. 500.000,00
5 Duz makanan bergizi siap saji ( 60 kaleng). Bantuan ini dapat membantu 60 korban dari kelaparan.
2. PAKET B Rp. 200.000,00
2 Duz makanan bergizi siap saji (20 kaleng). Bantuan ini dapat membantu 120 korban dari kelaparan.

Bantuan makanan yang paling efektif untuk korban saat ini adalah makanan bergizi siap saji, karena bisa langsung di konsumsi/di makan tanpa harus mengolahan lagi. Karena bahan bakar, dan pengolahan makanan tidak memungkinkan di lalukan oleh korban. Selain itu bantuan juga di berikan dalam bentuk lgistik, dan obat-obatan.

Saudaraku, bagi yang ingin meringankan penderitaan saudara-saudara kita yang menjadi korban banjir di jakarta, bantuan bisa di salurkan melalui rekening bantu banjir:

Bank Central Asia 094.3017.007 a.n Yayasan Dompet Sosial Ummul Quro
Bank Mandiri 132.000.481. 974.5 a.n Yayasan Rumah ZakatIndonesia
Bank Permata Cabang Syariah 377.100.1555a. n Yayasan Rumah ZakatIndonesia

Sumber: http://uyuni.multiply.com/journal/item/39