Posko Induk BSMI
Untuk Korban Banjir di Jakarta

Jakarta (2/2). Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) membentuk posko induk dan mengaktifkan mobile clinic dengan menggunakan ambulan dan perahu untuk para pengungsi atau korban banjir di Jabodetabek.

Hujan berkepanjangan yang melanda Jakarta dan sekitarnya dapat memunculkan banyak penyakit. Koordinator Tim medis BSMI dr. Maulida menjelaskan “Kemarin tim medis BSMI mobile clinic menggunakan ambulan dan perahu di kelurahan Kampung Melayu Jakarta Timur, disana kita menangani 70 pasien dan rata-rata mengalami diare, Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan penyakit kulit”.

“Jika masyarakat masih tetap bermukim di daerah banjir maka dikhawatirkan akan timbul beberapa penyakit membahayakan seperti Dengue Haemorrhagic Fever (Demam berdarah dengue/DBD) dan Leptospirosis” ujar dr. Maulida.

Lebih lanjut dr. Maulida menjelaskan bahwa Demam berdarah disebarkan kepada manusia oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti pada pagi, siang atau sore hari dengan gejala demam tinggi dan bintik merah pada kulit yang tidak hilang jika ditekan. Sedangkan Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman atau bakteri dari air seni hewan yang terinfeksi Leptospirosa, biasanya pada hewan pengerat seperti tikus, gejalanya adalah demam tinggi, mata kuning, dan sakit perut.

Sedangkan Humas BSMI Maharani Imran menyarankan “Pencegahan yang paling memungkinkan adalah evakuasi penduduk dari wilayah yang terkena banjir ke daerah yang tidak terkena banjir, penyemprotan atau fogging dan pemberian bubuk Abate pada bak yang tidak terkena banjir. Dan bagi penduduk korban banjir yang telah terjangkit atau terdapat keluhan kesehatan dapat berobat gratis di posko induk BSMI di Jl. Dewi Sartika No.19 Cililitan Jakarta Timur Telp. (021)80876527 / 80888560”.

Maharani juga menambahkan bahwa selain bantuan kesehatan, korban banjir juga sangat membutuhkan makanan, susu, biscuit, mie dan lain sebagainya. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk turut membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana banjir dan bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuannya dapat datang langsung ke posko induk BSMI atau melalui rekening BSMI Peduli Banjir di Bank Syariah Mandiri Cab. Tanjung Priok No. Rek. 0200038569 a.n. bulan sabit merah Indonesia.

Salam kemanusiaan,
Maharani Imran
Humas BSMI

Sumber: http://groups.yahoo.com/group/filantropi_indonesia/message/2679