DPR Siapkan 3 RUU Bencana
Anwar Khumaini – detikcom

Jakarta – Penanganan bencana di Indonesia perlu dilakukan secara komperehensif. Terkait hal ini, DPR tengah menggodok 3 RUU Penanggulangan Bencana.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi V DPR, Azwar Anas, sebelum mengikuti diskusi di kafe Mario’s Place, Menteng, Jakarta, Sabtu (10/2/2007).

“Selama ini bencana di Indonesia, ditangani secara case by case dan diselesaikan secara ad hoc. Karena itu akan ditetapkan 3 UU mengenai penanggulangan bencana termasuk banjir. Diharapkan tahun ini pembahasan ketiga UU itu selesai,” kata Azwar.

Wakil Ketua Pansus Tata Ruang DPR ini menambahkan, keberadaan UU Bencana sangat penting. Sebab, sambung dia, penanganan bencana sangat terkait dengan problem regulasi.

“Indonesia adalah negeri bencana. Jadi sangat ironis jika tidak mempunyai UU bencana,” tegas Azwar.

Menurut Azwar, UU Bencana ini nantinya memungkinkan semua pihak yang ikut andil dalam perusakan lingkungan dikenakan pasal pidana. Termasuk para kepala pemerintahan, seperti gubernur, walikota atau bupati yang memberikan izin pembangunan yang terbukti merusak lingkungan.

“Presiden dan semua fraksi di DPR telah menyepakati UU Bencana ini,” tukas Azwar.(djo/qom)

sumber: http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/02/tgl/10/time/111324/idnews/740632/idkanal/10, 10/02/2007 11:13 WIB