Jakarta Rawan Bencana, Pemprov DKI Didesak Keluarkan Perda
Anwar Khumaini – detikcom

Jakarta – 6 Bencana akibat alam dan ulah manusia melanda Jakarta. Pemprov DKI Jakarta diminta mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) Penanggulangan Bencana.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis Husin Yazid dalam diskusi di Mario’s Place, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2/2006).

Husin mengidentifikasikan, Jakarta memiliki 6 sumber bencana yang harus diselesaikan yakni bencana banjir, bencana kekurangan cadangan air bersih, bencana gempa, bencana kebakaran, bencana polusi, dan bencana penyakit endemik DBD dan flu burung.

“Kami minta Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan Peraturan daerah (Perda) tentang penanggulangan bencana. Ini untuk mengantisipasi bahaya sekarang dan masa depan,” ujar Yazid.

Pemprov DKI Jakarta juga diminta menyelesaikan masalah bencana ini secara terintegrasi dan komprehensif. Pertama, penanganan prabencana. Kedua, penanganan saat bencana, dan ketiga, penanganan pascabencana.(aan/ndr)

sumber: http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/02/tgl/10/time/120004/idnews/740638/idkanal/10, 10/02/2007 12:00 WIB