Australia akan Tambah Bantuan Korban Banjir

Jakarta, CyberNews. Pemerintah Australia menambah komitmennya untuk membantu korban banjir di Jakarta dengan mengumumkan akan meningkatkan bantuan tanggap darurat menjadi sebesar 250.000 dolar AS.

Dalam siaran pers yang diterima Antara, di Jakarta, Jumat malam, Duta Besar Australia untuk Indonesia Bill Farmer menyatakan Australia akan menambah bantuan sebesar 100.000 dolar AS dalam bentuk makanan darurat bagi para korban banjir di Jakarta.

Senin (5/2) Duta Besar Australia menyatakan adanya bantuan awal sebesar 150.00 dolar AS dalam bentuk paket makanan darurat dan paket higinis yang disalurkan melalui Palang Merah Indonesia.

“Tambahan sumbangan yang diumumkan pada Jumat (9/2) akan memungkinkan pengiriman secara cepat bantuan makanan dalam bentuk biskuit dan mie instan ke ribuan korban banjir di Jakarta,” ujarnya.

Ia menambahkan, diharapkan bantuan makanan yang disalurkan melalui program pangan dunia akan dibagikan dalam jangka waktu 24 jam yang akan datang.

Dari 44 kecamatan di DKI Jakarta, 25 diAntaranya masih terendam hingga pukul 06.00 WIB. Di wilayah Jakarta Utara seluruh enam kecamatan masih terendam banjir. Ketinggian air paling parah terjadi di Penjaringan Antara 20 cm sampai 150 cm.

Sedangkan Kecamatan Pademangan, Tanjung Priok, Koja, Cilincing dan Kelapa Gading ketinggian air masih berkisar Antara 5 cm hingga 100 cm.

Di kawasan Jakarta Timur terdapat enam kecamatan yang masih tergenang dengan ketinggian Antara 10 cm hingga 75 cm yaitu di Jatinegara, Duren Sawit, Pulogadung, Cakung dan Makassar.

Sementara di Jakarta Selatan, delapan dari sepuluh kecamatan masih terendam dengan ketinggian air rata-rata 10 cm hingga 70 cm. Daerah yang paling parah adalah Kecamatan Pancoran dengan ketinggian 20 cm hingga 70 cm.

Wilayah tersebut adalah Kecamatan Mampang Prapatan, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Cilandak, Pasar Minggu dan Pesanggrahan dengan ketinggian 10 cm hingga 300 cm.

Untuk Jakarta Barat dari delapan kecamatan yang ada, lima diAntaranya masih ada genangan air dengan ketinggian 15 cm hingga 200 cm. Wilayah tersebut adalah Cengkareng, Kalideres, Kebon Jeruk, Kembangan dan Grogol Petamburan.

Sedangkan Jakarta Pusat genangan masih ada di Tanah Abang dengan ketinggian 10 cm hingga 250 cm. Hingga Jumat (9/2) pukul 06.00 WIB jumlah pengungsi mencapai 208.000 jiwa.
( ant/Cn08 )

sumber: http://www.suaramerdeka.com/cybernews/harian/0702/10/nas6.htm, Sabtu, 10 Februari 2007 : 11.55 WIB