Bang Yos: Jakarta Tahap Rehabilitasi

JAKARTA, MINGGU – Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso, mengemukakan saat ini Jakarta memasuki tahap rehabilitasi setelah dilanda banjir. Hal itu dikemukakan Sutiyoso saat mengunjungi RW 03 Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (11/2).

“Saya nyatakan seluruh Jakarta lakukan tahap rehabilitasi yakni membersihkan kawasan yang dilanda banjir oleh masyarakat, unsur pemda, TNI dan Polri,” ujar Sutiyoso.

Seperti dilaporkan Tirta, reporter Radio Sonora, dalam kunjungan tersebut Sutiyoso mengemukakan pada saat membersihkan lingkungan masing-masing, para balita jangan berada di kawasan tersebut. Sebaiknya para balita ditampung di tempat khusus. “Diberi makan, supaya anak-anak tidak terkena penyakit,” ungkap Sutiyoso.

Sutiyoso juga mengatakan, Pemda DKI akan mengucurkan dana Rp 1 miliar untuk setiap kelurahan yang terkena banjir. “Tentu saja kelurahan yang tidak terkena banjir, tidak mendapatkan dana itu,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI Jakarta, Sylviana Murni, menjelaskan di wilayah DKI Jakarta saat ini terdapat 163.000 siswa SD dan SMP yang menjadi korban banjir, karena sekitar 2.000 SD, 28 SMP terkena banjir.

Daerah terparah dilanda banjir, menurut Sylviana, adalah Mampang (Jakarta Selatan), Cilincing (Jakarta Utara), dan Rawabuaya (Jakarta Barat). Akibatnya aktivitas belajar mengajar siswa SD, SMP, SMA di wilayah tersebut terganggu.

sumber: http://www.kompas.com/ver1/Metropolitan/0702/11/101916.htm