Cak Nun: Perlu Operasi Besar Sembuhkan Indonesia

Jakarta (ANTARA News) – Budayawan Emha Ainun Nadjib mengibaratkan kondisi Indonesia saat ini tengah sakit parah sehingga diperlukan upaya operasi besar untuk menyembuhkannya.

“Indonesia sakit parah karena itu harus dilakukan operasi besar dan dalam hal ini harus ada tindakan revolusioner untuk memperbaiki kondisi,” kata suami penyanyi Novia Kolopaking itu, di Jakarta, Minggu.

Pria kelahiran Jombang, 27 Mei 1953, itu mengatakan, telah terjadi akumulasi ketidakseimbangan alam terkait dengan banyaknya bencana yang datang bertubi-tubi melanda Indonesia.

Oleh karena itu, pemerintah dituntut untuk berani mengeluarkan kebijakan-kebijakan terbaik agar Indonesia dapat berubah secara revolusioner.

“Jangan takut bila kebijakan itu ditentang sebab pemerintah juga harus tegas dong,” kata anak keempat dari 15 bersaudara itu.

Menurut pria yang aktif menulis essai dan puisi itu, tindakan tercepat yang harus dilakukan saat ini salah satunya adalah mempersatukan semua unsur untuk menghindari perpecahan sehingga menghasilkan output terbaik untuk Indonesia baru.

Pria yang akrab disapa Cak Nun itu, meminta kepada semua pihak untuk berada di posisi masing-masing dan mempelajari segala hal yang telah terjadi termasuk bencana banjir yang sedang melanda Jakarta.

“Mari kita bersama kembali mempelajari hubungan ketatanegaraan, kerakyatan, dan pelayanan supaya para pejabat tahu kapan dia benar dan merasa malu saat melakukan kesalahan,” katanya.(*)

Copyright © 2006 ANTARA

sumber: http://www.antara.co.id/seenws/?id=52906, 11 Februari 2007 9:45