14 Daerah di Jakarta Terancam Krisis Air Bersih
Anwar Khumaini – detikcom

Jakarta – Banjir membuat mesin-mesin produksi air PT PAM Jaya kolaps. Saat ini PAM Jaya hanya bisa memroduksi 45% air bersih. 14 Daerah di Jakarta pun terancam tidak kebagian jatah.

“Kita belum bisa pastikan kapan akan berproduksi secara normal. Saat ini kami hanya bisa memproduksi 45 persen,” ungkap External Relation and Communication Director PT PAM Jaya Rhamses Simanjuntak.

Rhamses mengungkapkan hal itu saat meninjau Instalasi Produksi Air Buaran PT PAM Jaya di Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur, Senin (12/2/2007).

Dari produksi sebanyak 45 persen itu, Rhamses menduga yang sampai ke pelanggan tidak sebesar itu, tetapi lebih sedikit mengingat banyak pipa milik PAM Jaya yang rusak dihantam banjir.

Daerah-daerah yang terancam tidak dapat pasokan adalah Kelapa Gading, Cakung, Cilincing, Koja, Tanjung Priok, Pademangan, Kemayoran, sebagian Pulogadung, Jatinegara, Duren Sawit, Ciracas, Kampung Makassar, Cipayung, Pasar Rebo dan Kramatjati.

Rhamses berharap dalam tiga hari ke depan, pihaknya bisa memperbaiki jaringan yang rusak dan menormalkan produksi.

Namun, imbuh Rhamses, sejauh ini PAM jaya belum melakukan survei berapa banyak pipa yang hancur atau rusak akibat banjir yang melanda Jakarta 10 hari lalu.(umi/nrl)

sumber: http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/02/tgl/12/time/122255/idnews/741060/idkanal/10, 12/02/2007 12:22 WIB