Korban Banjir Desak SBY Pecat Ical & Bang Yos
Anwar Khumaini – detikcom

Jakarta – Sikap pejabat negara dalam menangani banjir di Jakarta dan sekitarnya menyebabkan warga kecewa. Ratusan warga korban banjir DKI Jakarta mendatangi kantor Komnas HAM, Jl Latuharhari, Jakarta, Selasa (13/2/2007).

Mereka menuntut Presiden SBY untuk memecat Aburizal Bakrie dan Sutiyoso. Selain itu, mereka menuntut Komnas HAM membentuk tim investigsi untuk menyelidiki pelanggaran HAM yang dilakukan Sutiyoso dalam banjir 2007.

Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta), Azas Tigor Nainggolan mengatakan, Sutiyoso telah melanggar beberapa peraturan, antara lain UUD 1945 hasil amandemen khusus, Deklarasi Universal Hak Asasi manusia, dan Konvenan Internasional tentang Ekonomi Sosial Budaya.

Spanduk-spanduk menyertai aksi mereka, antara lain bertuliskan SDSB = ‘Sutiyoso Dalang Segala Bencana’, ‘Ical Jangan Asal Ngomong Lebih Baik Mundur’. Mereka juga memberikan stiker bertuliskan SDSB.

Salah satu warga dalam orasinya mengkritisi pernyataan Ical, panggilan akrab Aburizal Bakrie, mengenai banjir di Jakarta terlalu yang dibesar-besarkan. Menurutnya pernyataan itu menyakiti para korban banjir.

“Ini arogansi pejabat publik sekaliber menteri,” ujar dia.

Begitu pula dengan pernyataan Sutiyoso soal banjir di Jakarta adalah bencana alam adalah upaya pengalihan Sutiyoso tentang ketidakbecusan mengelola lingkungan di Jakarta.(mly/nrl)

sumber: http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/02/tgl/13/time/130444/idnews/741562/idkanal/10, 13/02/2007 13:04 WIB

Iklan