Laporan dari Den Haag
Belanda Bantu Korban Banjir Jakarta 1 Juta Euro
Eddi Santosa – detikcom

Agnes van Ardenne (sumber: cmo.nl)

Den Haag – Pemerintah Belanda menyiapkan bantuan 1 juta Euro untuk korban banjir di Jakarta dan sekitarnya. Menteri Agnes van Ardenne mengatakan hari ini, Selasa (6/2/2007).

“Belanda dan Indonesia merasa dekat satu sama lain. Masyarakat di sini (Belanda, red) ikut merasakan secara mendalam apa yang dialami penduduk Jakarta. Sebagai sahabat baik, sudah dengan sendirinya kami membantu Indonesia di mana Jakarta kini 75 persen terendam air,” demikian Menteri Kerjasama Pembangunan Agnes van Ardenne seperti diberitakan de Volkskrant mengutip ANP.

Ditambahkan Van Ardenne bahwa para korban sangat bergantung pada uluran bantuan untuk kebutuhan air bersih, makanan, dan obat-obatan.

“Adalah sangat penting bahwa uluran bantuan itu secepat mungkin mencapai sebanyak mungkin orang dan Belanda dalam hal ini siap mendukung otoritas Indonesia,” tegas Van Ardenne.

Van Ardenne sendiri telah memberitahukan perihal bantuan untuk para korban banjir Jakarta tersebut secara langsung melalui telepon kepada Menlu Hassan Wirajuda.

Bantuan setara Rp 11,7 miliar itu separuhnya akan dialokasikan untuk kebutuhan korban banjir, seperti bahan makanan, obat-obatan, pakaian, dan selimut. Paket ini akan dikirim melalui Rode Kruis (Palang Merah Belanda) dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Sisa separuhnya lagi dari bantuan akan dikirim melalui Organisasi Migrasi Internasional (IOM) untuk dibelanjakan perahu-perahu karet. Melalui IOM diharapkan perahu-perahu karet dapat disediakan secara lokal, sehingga para korban dapat memperoleh bantuan darurat dengan cepat. (es/es)

sumber: http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/02/tgl/06/time/213313/idnews/739041/idkanal/10, 06/02/2007 21:33 WIB