Presiden SBY Jadi Sasaran Gugatan Class Action Banjir
Iqbal Fadil – detikcom

Jakarta – LBH Jakarta tidak mau main-main dalam mengajukan gugatan class action korban banjir. Presiden SBY, Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso dan Gubernur Jawa Barat akan menjadi pihak tergugat.

“Sama seperti gugatan tahun 2002. Kita akan menggugat Presiden, Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Jabar,” ungkap Kabid Penelitian dan Pengembangan LBH Jakarta Gatot, ketika dihubungi detikcom, Rabu (14/2/2007).

Selain itu, LBH Jakarta juga sedang mempertimbangkan pihak-pihak lain yang akan dijadikan tergugat. “PLN misalnya. Kan banyak korban banjir yang tewas kesetrum. Sedang kita pikirkan,” imbuhnya.

Namun Gatot menyatakan kemungkinan gugatan class action baru akan diajukan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sekitar 1-2 bulan mendatang. Sebab, LBH Jakarta hingga kini masih menyebarkan formulir kepada para korban banjir.

“Kita akan inventarisir dulu berapa kerugian materiil dan imateriil para korban. Baru kita susun argumentasi gugatan yang kuat. Mudah-mudahan bisa cepat selesai,” ujarnya.

Mengenai target gugatan class action kali ini, Gatot berharap LBH Jakarta bisa memenangkannya. Dari pengalaman pada gugatan yang sama di tahun 2002, terbukti pemerintah tidak membenahi sistem peringatan dini banjir di Jakarta.

“Selain kerugian harta benda, kita akan menuntut perbaikan sistem dan kebijakan pemerintah yang terpadu soal penanganan banjir,” pungkas Gatot. (bal/bal)

sumber: http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/02/tgl/14/time/091539/idnews/741902/idkanal/10, 14/02/2007 09:15 WIB