Sutiyoso Ngotot Pakai Dana PPMK Atasi Banjir
Syarif Hidayatullah – detikcom

Jakarta – Kendati dinilai menyalahi aturan, namun Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso tetap akan menggunakan dana Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PPMK) untuk mengatasi banjir. Dia menilai perubahan peruntukan itu sah-sah saja dalam keadaan darurat seperti banjir.

“Dalam keadaan luar biasa seperti ini peruntukan dana PPMK harus fleksibel,” kata Bang Yos, panggilan akrab Sutiyoso, di Balai Kota, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (13/2/2007).

Pernyataan itu Bang Yos diamini Sekda Pemprov DKI Jakarta Ritola Tasmaya. Menurutnya, dalam keadaan mendesak perubahan penggunaan dana sah dilakukan. “Sah-sah saja itu. Lagi pula itu kewenangan gubernur. Yang penting kita punya niat baik membantu masyarakat,” tegasnya.

Dalam waktu ini, kata Ritola, Bang Yos akan memanggil dewan kelurahan (dekel) se-DKI Jakarta untuk membicarakan pengucuran dana PPMK. “Tentu difokuskan untuk yang kebanjiran. Untuk yang tidak kebanjiran tetap digunakan untuk bina ekonomi,” tegasnya.

Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Dani Anwar tetap menilai penggunaan dana PPMK itu salah. “Nggak bisa pakai dana PPMK . Itu bukan dana hibah,” ujarnya.

Dia khawatir pemakaian dana itu akan menimbulkan masalah di kemudian hari. “Dana itu sifatnya pinjaman bergulir, nanti timbul masalah baru lihat saja,” tuturnya.(mar/nrl)

sumber: http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/02/tgl/13/time/151601/idnews/741655/idkanal/10, 13/02/2007 15:16 WIB