Tambahan Rp 2,7 Triliun untuk Banjir Kanal Timur
Sabtu, 10 Pebruari 2007 | 16:45 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pemerintah menyediakan anggaran sebesar Rp 2,7 triliun untuk pembangunan proyek Banjir Kanal Timur (BKT). Tambahan anggaran itu akan dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBN) Perubahan 2007.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan dengan pembangunan kanal itu, sebagian Jakarta akan terhindar dari banjir besar seperti yang terjadi sepekan yang lalu. “Proyek BKT ini harus selesai dua tahun,” ujarnya hari ini seusai Rapat Koordinasi Penanggulangan Banjir di Kantor Badan Koordinasi Keluarga Berancana Nasional, Jakarta Timur.

Tambahan anggaran itu, kata Kalla, sudah disetujui Komisi Infrastruktur yang hadir dalam rapat koordinasi itu. Dana pembangunan kanal itu untuk sementara akan mengunakan anggaran yang ada dan akan disesuaikan dalam APBN Perubahan 2007.

Namun, Kalla menolak menjelaskan pos anggaran yang akan diambil untuk pembangunan kanal itu. “Itu urusan internal pemerintah. Pemerintah itu punya kekuatan, pilih banjir atau pilih prosedural,” ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Paskah Suzeta mengatakan APBN Perubahan akan dibahas dengan DPR pada Juli 2007. Dia mengatakan, walaupun baru dibahas Juli, namun tender pembangunan BKT sudah bisa dilaksanakan. “Sekarang bisa dilakukan karena prinsipnya sudah disetujui,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2007/02/10/brk,20070210-92915,id.html