82 SMU Rusak Akibat Banjir
Selasa 13 Februari 2007, Jam: 22:20:00

JAKARTA (Pos Kota) – Sebanyak 82 SMU di Jakarta rusak akibat banjir. Butuh dana Rp 10 milyar untuk perbaikan. Bahkan SMA 08 Bukit Duri hingga kini terpaksa pindah belajar ke gedung Diklat milik Pemda di rasuna Said.

Menurut Margani Mustar, kepala Dinas Pendidikan Menengah Tinggi DKI Jakarta, kerusakan yang dialami rusak berat sedang dan ringan. Dari jumlah yang rusak terdapat 8 sekolah yang rusak berat dan perlu perbaikan secepatnya. “Namun seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah itu sudah normal kembali kecuali SMU 8 Bukit Duri,”katanya, Selasa (13/2).

Memperbaiki kerusakan tersebut, dialokasikan anggaran Rp 10 milyar. Dana tersebut akan dibagikan ke setiap sekolah sesuai dengan tingkat kerusakannya. “Dana yang akan dikucurkan berkisar antara Rp 30 juta hingga Rp 600 juta,” katanya.

Meski akan terjadi banjir tiap lima tahun sekali namun gedung sekolah tersebut tidak akan dipindah.. “Tidak ada relokasi sekolah karena sesuai tata ruang,” katanya.

Ia mengatakan ada 18 sekolah yang dijadikan untuk menampung warga yang kebanjiran. “Tapi kini sekolah tersebut sudah normal lagi karena warga sudah pulang,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas) DKI Jakarta, Sylviana Murni, memperkirakan hanya sekitar dua persen dari sebanyak 2.158 Sekolah Dasar (SD) yang rusak. Seperti diketahui, 1.295 SD tergenang. Sedangkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terendam banjir sebanyak 174 sekolah. “Saat ini proses belajar mengajar di 288 gedung SMP sudah berjalan normal kembali,” katanya.

Saat ini, kata Sylviana, pihaknya sedang melakukan pendataan sekolah yang rusak. Untuk SD, sekolah yang rusak itu diantaranya SD Kampung Melayu, Cilincing, Rawa Buaya. Namun kerusakan yang dialami sekolah tersebut tergolong ringan. Untuk perbaikan sekolah tersebut, pihaknya akan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah dan Bantuan Operasinal Pendidikan. “Sampai sekarang kita masih menghitung,” katanya.

Dia menambahkan, dari 163.165 siswa yang tersebar di 465 SD, saat ini telah mendapatkan bantuan dari Depdiknas berupa 25.000 seragam dan dari PMI pusat 20.000 alat sekolah.

sumber: http://www.poskota.co.id/news_baca.asp?id=29876&ik=3