SMA 6 Bogor Bebas Banjir

Mereka memiliki 14 sumur resapan yang terbukti ampuh mengerem terjangan banjir. Dalam waktu dekat pihak sekolah akan menambah jumlah sumur resapan

Bogor (Liputan6)— Siswa Sekolah Menengah Atas 6 Bogor, Jawa Barat punya cara kiat buat meredam banjir. Mereka membuat 14 sumur resapan di sekitar sekolah. Terbukti, saat di mana-mana kebanjiran, lingkungan SMA 6 Bogor bebas dari genangan air seperti yang terjadi baru-baru ini.

Siswa dan guru SMA 6 Bogor belajar dari pengalaman. Memang sejak lima tahun ini lingkungan sekolah kerap terendam. Yang paling parah pada 2002. Ketika itu air setinggi satu meter menggenangi seluruh ruang sekolah.

Tapi kini SMA 6 tak lagi terendam, meski di mana-mana banjir. Pengelola sekolah membuat 14 sumur resapan. Lubang digali dengan kedalaman tiga hingga lima meter. Seluruh lingkar sumur dipondasi dan dasar sumur diberi ijuk. Lubang juga diisi batu kali dan pasir. Sumur kemudian diberi lubang untuk jalan masuk air.

Selain buat mencegah banjir, sumur resapan bisa berfungsi sebagai penyimpan air dimusim kemarau dan resapan tanaman di sekitar sekolah. Sumur sengaja dibuat menyebar di sejumlah titik di lingkungan sekolah. Menurut Kepala SMA 6 Bogor, Sri Dwi Hartati Irianto, dalam waktu dekat pihak sekolah akan menambah jumlah sumur resapan.(ICH/Budi Santoso)

sumber: http://www.bogor.net/inside.asp?edition=1&cat=35&NewsID=14672