Ibu-Ibu Korban Banjir Demo Sutiyoso

JAKARTA – Banjir Jakarta telah surut, tapi kekecewaan masyarakat terhadap Pemda DKI Jakarta masih menggumpal. Kemarin ratusan ibu warga Jakarta yang terhimpun dalam Dewan Pimpinan Nasional Serikat Rakyat Miskin Kota kembali berdemonstrasi di depan Balai Kota DKI Jakarta.

Mereka membawa sejumlah spanduk dan pamflet yang berisi kritik keras terhadap ketidaksiapan pemda mengantisipasi bencana banjir yang terjadi tiap tahun. Bukan hanya itu, pemerintah pusat juga dimintai tanggung jawab. “Pemda tidak becus mengelola kota ini, makanya tiap tahun Jakarta terendam,” teriak seorang demonstran dalam orasinya.

Menurut mereka, pembangunan Jakarta sudah tidak lagi memperhatikan daya dukung lingkungan. Semuanya mengikuti selera pemilik modal dan penguasa sendiri. “Lagi-lagi, masyarakat kecil seperti kami yang menjadi korban,” kata seorang ibu yang siang itu datang sambil menggendong anaknya yang masih balita.

Di akhir aksi, mereka menuntut Pemda DKI Jakarta mengubah total paradigma pembangunan menjadi lebih berorientasi kepada lingkungan.(pri)

sumber: http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail_c&id=272697
Kamis, 22 Feb 2007,