13 Kali Segera Dinormalisasi
Jumat 2 Maret 2007, Jam: 22:33:00

JAKARTA (Pos Kota) – Kondisi 13 kali yang melintasi di Jakarta saat ini makin menyempit dan dangkal. Pemda DKI berjanji segera mengeruk dan menormalisasi kali.

Pemda menargetkan rata-rata lebar kali nantinya sampai dengan 100 meter. “Bila ini bisa cepat dilakukan maka sebagian persoalan banjir dapat ditangani,” kata Sutiyoso, Gubernur KDKI, di Balaikota, Jumat (2/3).

Lebar kali saat ini tidak memadai. Bahkan sebagian besar bantaran kali yang ada di Jakarta ditempati warga. Karena itu, perlahan pemda melakukan perbaikan.

Dicontohkan sebagian Kali Angke saat ini sudah mendekati lebar yang diinginkan,. Bahkan kali tersebut kini tampak bersih. Hanya pada muara kali sepanjang 2,5 KM masih sempit. Tapi hal tersebut segera diselesaikan.

H. Sayogo Hendrosubroto, Ketua Komisi D DPRD DKI, mengatakan normalisasi kali perlu dilakukan. Namun ia meminta warga Jakarta yang tingal di bantaran kali tidak asal digusur. “Jangan main gusur saja. Tapi harus dicari jalan keluarnya,” katanya.

Ia mengakui kondisi kali di Jakarta sangat buruk. “Tapi biaya untuk pemeliharaan kali kan cukup besar. Mestinya pemda melakukan pengawasan terhadap ini,”tandasnya.

sumber: http://www.poskota.co.id/news_baca.asp?id=30388&ik=3