Angin Kencang di Jakarta Berlangsung sampai 8 Maret

Jakarta-RoL — Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) memperkirakan angin kencang akan terus berlangsung di wilayah Jakarta dan sekitarnya sampai 8 Maret 2007.

“Kecepatan angin antara 15 sampai 20 knot (setara dengan 27 km-36 km) per jam,” kata Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi BMG, Ahmad Zakir Zamawi, di Jakarta, Senin (5/3).

Menurut Ahmad, penyebab masih kencangnya angin di wilayah Jakarta dan sekitarnya itu, terkait dengan pengaruh angin barat yang memiliki ciri-ciri kencang.

Ketika ditanya apakah ada kaitannya dengan peralihan musim hujan ke musim kemarau, ia mengatakan peralihan musim itu belum berlangsung. “Tapi yang jelasnya angin barat itu, ciri-cirinya kencang,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengingatkan kepada warga Jakarta dan sekitarnya, untuk mewaspadai akan terjadinya pohon tumbang mengingat kecepatan anginnya yang cukup tinggi tersebut.

Kondisi serupa dialami pula pada pada seluruh daerah di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. “Warga harus tetap mewaspadai akan besaran angin kencang tersebut,” katanya.

Ia juga menyebutkan perihal akan terjadinya angin puting beliung untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, tidak bisa diprediksikan begitu saja. “Pasalnya terjadinya angin puting beliung itu, bisa terbentuk dalam waktu 30 menit,” katanya. antara

sumber: http://www.republika.co.id/online_detail.asp?id=284936&kat_id=23
Senin, 05 Maret 2007 10:48:00