Jalan Lokal di Jakut Rusak Parah, 90 Ruas Diusulkan Diperbaiki

jakarta, kompas – Lebih dari 100 ruas jalan lokal, yakni jalan yang pemeliharaannya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Jakarta Utara, dalam kondisi rusak. Pemerintah kota sudah mengidentifikasi 90 ruas jalan yang diprioritaskan untuk diperbaiki karena tingkat kerusakannya sudah parah. Dibutuhkan dana sedikitnya Rp 48 miliar untuk perbaikan 90 ruas jalan tersebut.

Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jakarta Utara Hilman Echidor mengatakan hal itu di Jakarta, Kamis (1/3). Dia dimintai komentarnya terkait hasil pantauan Kompas pada sejumlah ruas jalan yang kondisinya sudah sulit dilalui kendaraan meski jalan itu berada di pusat arus lalu lintas angkutan orang dan barang.

Kondisi jalan yang rusak, antara lain, terlihat di ruas Jalan Rawa Bebek, Kecamatan Penjaringan, sepanjang 300 meter. Badan jalan hancur, tidak terlihat lagi lapisan aspal kecuali batu fondasi aspal yang tampak meranggas. Pada musim hujan, ruas ini menjadi becek dan berubah jadi kubangan. Meski masih dilalui, kendaraan yang lewat harus menggunakan persneling satu.

Kondisi jalan yang sama rusaknya terlihat di Jalan Budi Mulya Utara I (sejajar rel kereta api), Kecamatan Pademangan, tidak jauh dari jalan arteri RE Martadinata. Kerusakannya sama, tidak terlihat lagi lapisan aspal kecuali bongkahan batu yang meranggas. Sama halnya dengan di Rawa Bebek, jalan akan menjadi becek dan mirip kubangan jika turun hujan. Kerusakan di ruas ini mencapai 350 meter lebih.

Kerusakan paling parah terlihat di ruas Jalan Kalibaru Barat VI, atau oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama Jalan Tanah Merdeka, di Kalibaru, Kecamatan Cilincing.

Hampir 500 meter badan jalan nyaris tidak bisa dilalui kendaraan. Batu yang tadinya menjadi fondasi aspal berserakan, lubang jalan yang rusak bertebaran di sepanjang ruas dengan kedalaman mencapai 20 sentimeter hingga setengah meter.

Padahal, ruas jalan ini sangat hidup dan dilalui semua kendaraan, baik truk, bus, mikrolet, maupun sepeda motor. Mobil sedan dipastikan tidak bisa melewati jalan ini. Saking parahnya, perlu 40 menit-45 menit untuk melewati jarak 500 meter itu.

Hilman mengakui, ruas-ruas jalan itu termasuk jalan lokal yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Jakarta Utara.

Menurut dia, terdapat lebih dari 100 ruas jalan yang kondisinya rusak. Sebanyak 90 ruas di antaranya dalam kondisi rusak parah, termasuk ruas Rawa Bebek, Budi Mulya Utara I, dan Tanah Merdeka.

“Sebanyak 90 ruas itu menjadi usulan kami untuk diprioritaskan perbaikannya tahun ini,” tutur Hilman.

Hanya saja, katanya, dana perbaikan atau peningkatan kondisi 90 ruas jalan tadi sangat bergantung pada ketersediaan dana APBD Provinsi DKI Jakarta.

Pihaknya berharap tahun ini perbaikan jalan lokal di Jakarta Utara menjadi prioritas karena ruas-ruas itu masuk kategori aktif. Jika tidak diperbaiki, warga kecewa. (CAL)

sumber: http://www.kompas.com/kompas-cetak/0703/02/metro/3357330.htm