sETIAP KELURAHAN DAPAT RP 1 MILYAR
Kamis 1 Maret 2007, Jam: 23:00:00

JAKARTA (Pos Kota) – Dewan Kelurahan (Dekel) sudah dapat mencairkan dana PPMK Rp 1 milyar untuk membantu korban banjir. Saat ini dana tersebut sudah ada di rekening Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) wilayah kota.

Syrus Siregar, Kepala BPM Jakpus, menjelaskan pihaknya tinggal menunggu pengajuan proposal atau Daftar Usulan Rencana Kegiatan (DURK) dari dekel. “Kalau DURK masuk hari ini, ya langsung dicairkan. Pokoknya sudah siap silakan ambil yang penting persyaratannya dipenuhi,” tegasnya, kemarin, usai sosialisasi dan pertemuan dengan Forum Dekel se Jakpus.

DURK sangat penting karena berisi rencana berbagai kegiatan termasuk jumlah rumah korban banjir yang akan mendapatkan bantuan. “Jadi harus dijelaskan apa-apa saja yang akan dikerjakan, karena bagaimanapun ini uang negara yang harus dipertangungjawabkan,” jelas Syrus.
Ketua Forum Dekel Jakpus Gusti Sofyan Nur menambahkan dari hasil pertemuan para ketua dekel soal DURK memang masih dalam pembahasan. Namun mengenai jumlah warga korban banjir dan rumah-rumah yang rusak sudah didata, tinggal menyusun proposal.
“Kami akan lembur untuk menyusun DURK, agar dana PPMK secepatnya cair untuk membantu warga,” ujar Gusti.

Dikatakan, sebenarnya para dekel telah siap untuk menyusun DURK, namun karena belum ada petunjuk teknisnya (juknis), sehingga ditunda. Namun, dengan telah diterima juknis segera disusun.

Sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) No. 34/2007 dan Juknis No. 5/2007, pengalokasian penggunaan dana tidak lagi 60 % bina ekonomi, 20% bina phisik dan 20% bina sosial. Namun nantinya, besarnya prosentase tergantung dari hasil musyawarah dekel, tokoh-tokoh masyarakat dan lurah.

sumber: http://www.poskota.co.id/news_baca.asp?id=30351&ik=3