Tidak Ada Awal Bulan 2007 yang Bebas Bencana
Arifin Asydhad – detikcom

Jakarta – Tahun 2007 baru berjalan memasuki bulan ketiga. Sejak Januari, Februari, hingga Maret, di setiap awal bulannya, Indonesia selalu tidak bebas dari bencana. Bencana tak henti-hentinya terjadi dan menewaskan banyak nyawa manusia.

Bencana terbaru datang pada 2 Maret 2007: longsor di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Puluhan orang hilang. Saat ini, baru 34 jenazah yang berhasil ditemukan. Senin (5/3/2007), evakuasi terhadap para korban dilanjutkan kembali, setelah pada hari Minggu (4/3/2007) kemarin, proses evakuasi terhalang cuaca buruk.

Longsor di Ruteng, Manggarai ini menambah daftar panjang musibah yang terjadi di awal bulan. Pada 1 Januari 2007, musibah jatuhnya pesawat AdamAir KI 574 sulit untuk dilupakan hingga kini. 102 Penumpang dan awak pesawat AdamAir putih itu diperkirakan tewas dan hingga kini belum ada satu pun jenazah yang ditemukan.

Evakuasi terhadap para korban sudah dilakukan, termasuk dengan mengerahkan Kapal USNS Mary Sears, sebuah kapal canggih dari Paman Sam. Pemerintah juga memperpanjang masa proses evakuasi hingga berhari-hari, namun tetap saja tak ada satu pun korban yang ditemukan.

Di bulan Januari, pemerintah Indonesia juga masih disibukkan melakukan pencarian korban KM Senopati yang tenggelam di perairan Mandalika, Jepara di akhir 2006. Hingga saat ini, masih banyak penumpang KM Senopati yang belum ditemukan, tak diketahui nasibnya hingga kini.

Di awal bulan Februari, banjir bandang menyergap Jakarta. Puluhan orang tewas dan ratusan ribu orang dievakuasi. Banjir bandang kali ini lebih besar dibanding banjir 2002 lalu. Banyak lokasi yang belum pernah terjamah banjir, yang akhirnya juga terendam genangan air. Jakarta lumpuh total, sementara banyak infrastruktur yang rusak tak berfungsi.

Perlu antisipasi dari pemerintah untuk menanggulangi bencana yang datang bertubi-tubi. Manajemen penanganan bencana yang dilakukan pemerintah selama ini juga dikritik dan diminta diperbaiki oleh sejumlah pihak. Lantas, apakah awal bulan April juga akan terjadi bencana yang lain? Semoga tidak! (asy/asy)

sumber: http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/03/tgl/05/time/065631/idnews/749528/idkanal/10
05/03/2007 06:56 WIB