800 Rumah Dibongkar; Bantaran Kali Perancis Akan Dijadikan Taman

tangerang, kompas – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (7/3), membongkar paksa ratusan bangunan liar di tepi Kali Perancis, Kecamatan Kosambi. Kegiatan itu dilakukan untuk membersihkan sungai milik PT Angkasa Pura II, dengan cara mengeruk dan membersihkan, sebelum membangun taman.

Tidak kurang dari 200 petugas dari unsur kepolisian, Garnisun, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI AD sampai pemadam kebakaran disiagakan Pemkab Tangerang, termasuk penggunaan enam buldoser dan truk sampah. “Ini hanya untuk antisipasi saja agar jangan sampai terjadi keributan saat penggusuran,” kata juru bicara Pemkab Tangerang Zaenal Arifin yang ditemui di Kelurahan Dadap, tak jauh dari lokasi penggusuran.

Truk dan mobil patroli berisi puluhan polisi dan petugas Satpol PP hilir mudik di sepanjang wilayah yang digusur. Sementara buldoser yang disebar di beberapa lokasi bergerak meruntuhkan bangunan liar dengan disaksikan pemilik rumah yang rata-rata pasrah. Ribuan pemukim di bantaran sungai yang bekerja di sektor informal itu pun harus pindah dari sana.

Penggusuran 800 rumah itu merupakan permintaan dari PT Angkasa Pura II sebagai pemilik lahan. Menurut rencana, setelah penggusuran, Kali Perancis yang merupakan tempat pembuangan limbah dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekaligus jalur evakuasi jika terjadi kecelakaan pesawat di laut akan dikeruk, diperlebar, dan dibuat taman.

Sebelumnya, pemkab sudah memberi surat peringatan kepada warga. Isinya meminta warga untuk membongkar rumahnya dengan batas waktu 4 Maret. Jika tidak, diindahkan aparat membongkar paksa.

Ultimatum itu membuat ciut hati warga. Sejak Minggu (4/3), sebagian di antara mereka membongkar rumahnya sendiri. “Takut nanti ribut dengan petugas karena mereka sering kasar. Apalagi kemarin ada petugas berkeliling mengumumkan penggusuran itu,” kata seorang warga Kosambi Timur.

Sebagian warga yang rumahnya digusur mulai mencari kontrakan rumah. Namun, sebagian lagi masih bingung akan tinggal di mana. (tri)

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0703/08/metro/3369506.htm