Anggaran Program Infrastruktur Tahun 2007 Rp 5,03 Triliun
Melly Febrida – detikcom

Jakarta – Dana alokasi khusus (DAK) bidang infrastruktur pada tahun 2007 dianggarkan sebesar Rp 5,03 triliun. Dana yang bersumber dari APBN ini digunakan untuk membiayai program infrastruktur di berbagai daerah seperti penanganan jalan, irigasi, air bersih, dan sanitasi di kabupaten dan kota.

“Pada tahun 2007 akan ditambah dengan dana penyesuaian sebesar Rp 2,94 triliun sehingga total dana perimbangan yang dialokasikan untuk infrastruktur tahun ini menjadi Rp 7,98 triliun,” kata Sekretaris Jendral Departemen PU Roestam Sjarief dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (6/3/2007).

Roestam menjelaskan, penyelenggaraan kegiatan yang dibiayai DAK akan dilakukan Satuan Kerja Perangkat Daerah DAK (SKPD) yang bertanggungjawab pada bupati atau walikota.

“Daerah penerima DAK bidang infrastruktur diwajibkan menyediakan dana pendamping 10 persen dari alokasi DAK yang diterimanya,” ujar Roestam.

Selain itu, DAK juga dapat digunakan untuk menangani bencana alam yang secara resmi ditetapkan oleh kepala daerah serta mengajukan perubahan untuk mendapat persetujuan tertulis Menteri Keuangan dan Menteri PU.

Kendala

Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Departemen PU Bambang Goeritno menjelaskan kendala yang dihadapi dalam DAK adalah ketidakdisiplinan daerah dalam pemanfaatan DAK seperti masih adanya usulan daerah untuk pengadaan mobil atau rumah dinas.

“Dana itu tidak bisa digunakan untuk kegiatan penunjang,” kata Bambang.(mly/mly)

http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/03/tgl/06/time/053811/idnews/750103/idkanal/10