Dekel Agar Segera Ajukan Data
Kamis 8 Maret 2007, Jam: 22:36:00

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur Sutiyoso meminta dewan kelurahan (dekel) segera menyelesaikan perhitungan rumah warga yang rusak akibat banjir.

“Dekel harus segera menyelesaikan penetapan rumah warga yang rusak, sehingga dananya bisa diambil,” katanya, kemarin.

Ia menandaskan agar dalam penetapan tingkat kerusakan harus hati-hati. “Tapi saya yakin dekel mampu melakukan ini,” katanya seraya memerintahkan agar lurah bisa membantunya.
Hingga kini bari 11 kelurahan yang sudah mencairkan dana Progrm Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PPMK) sebesar Rp 1 milyar.

Kelurahan itu Jakarta Pusat meliputi kelurahan Gambir, dan Petojo Utara, Jakarta Barat yakni Kelurahan Kebon Jeruk, Taman Sari, dan Tegal Alur. Jakarta Utara meliputi Kelurahan Ancol, Koja, Sungai Bambu, Kalibaru, dan Kelurahan Lagoa.

Menurut Sutiyoso, dana tersebut hanya digunakan oleh dekel bagi korban banjir. Sedangkan pada kelurahan lain yang tidak terkena penggunaannya tetap seperti rencana. Yakni sebesar 80 persen untuk ekonomi dan 20 persen untuk sosial.

Sejalan dengan itu, Pria Ramadhani, anggota Komisi C DPRD DKI, meminta lurah dan camat ikut membantu dekel dalam mengurusi warga korban banjir yang berhak mendapatkan bantuan PPMK. “Belum beresnya soal ini bukan salah dekel, tapi sosialisasnya memang masih kurang,” tegasnya.

Rohana Manggala, Asisten Kesejahteraan Masyarakat Sekda DKI, mengatakan dana PPMK itu masuk ke rekening dekel. “Sekda minta agar dana itu segera dicairkan tapi kita nunggu permintaan dari dekel karena mereka harus mengajukan usulan yang merupakan hasil musyawarah dengan RT/RW,” kata Rohana.

“Dana PPMK 2007 untuk 267 kelurahan itu sebenarnya sudah turun tapi untuk pendistribusiannya, kita menunggu usulan dari dekel di tiap wilayah,” jelasnya.

http://www.poskota.co.id/news_baca.asp?id=30580&ik=3