Minggu Ini, Revisi APBD DKI 2007 Rampung

[JAKARTA] Ketua DPRD DKI Jakarta, Ade Surapriatna mengatakan, revisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta tahun 2007 sesuai hasil evaluasi Departemen Dalam Negeri (Depdagri) akan dirampungkan minggu ini.

“Sekarang sedang digodok Komisi C (Bidang Keuangan) dan Panitia Anggaran DPRD. Target kami, akhir minggu ini selesai dan diserahkan ke eksekutif untuk disampaikan ke Depdagri,” kata Ade, kepada Pembaruan, di Jakarta, Jumat (9/3).

Menurut dia, sejak Selasa (6/3) sampai Kamis (8/3), pimpinan DPRD dan perwakilan Pemerintah Provinsi DKI, sudah mengadakan rapat untuk membahas evaluasi APBD DKI 2007.

Ade mengungkapkan, selain mengkaji kemampuan keuangan dan potensi pendapatan daerah, mereka juga membahas sembilan pos belanja daerah yang diminta Depdagri agar dievaluasi.

Dalam Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 903-94 Tahun 2007 tertanggal 22 Februari 2007, sembilan pos belanja DKI Jakarta diminta untuk dikaji kembali karena ada yang dinilai berlebihan, tidak jelas target dan pengalokasiannya, serta belum mengikuti peraturan yang berlaku.

Kesembilan pos belanja itu, masing-masing biaya penunjang operasional DPRD, bantuan keuangan kepada partai politik, bantuan sosial untuk organisasi kemasyarakatan, anggaran pembebasan 11 lahan, biaya sarana pemungutan bagi hasil pajak (BHP), dan Bagi Hasil Bukan Pajak (BPHP). Selanjutnya, tunjangan penambahan penghasilan pada Sekretariat DPRD DKI, anggaran perjalanan dinas DPRD DKI, pengadaan kendaraan dan alat angkutan darat untuk sekretariat DPRD dan Pemprov DKI, dan biaya jasa konsultan pada sekretariat DPRD dan Pemprov DKI. “Saya belum tahu apa hasil revisi yang dilakukan Komisi C dan wakil Panitia Anggaran terhadap sembilan pos belanja. Sebaiknya tanya ke komisi terkait,” ujar Ade.

Pembaruan telah mencoba menghubungi Wakil Ketua Panitia Anggaran DPRD DKI, Ahmad Heryawan dan Sekretaris Komisi C, M Firmansyah, namun keduanya tak bersedia diwawancara. [J-9]
—————————-
Last modified: 8/3/07
http://www.suarapembaruan.com/News/2007/03/09/Jabotabe/jab04.htm