Banyak Jalan Kolektor Sekunder Rusak
Minggu 11 Maret 2007, Jam: 21:50:00

JAKARTA (Pos Kota) – Ratusan titik ruas jalan kolektor sekunder atau lokal di wilayah Jakpus mengalami kerusakan akibat terendam banjir. Sebagian besar jalan aspalnya mengelupas hingga membuat lubang, sehingga mengganggu aktivitas warga.

“Sampai kapan jalanan rusak begini. Tolong dong diperbaiki, kami juga membayar pajak lho. Yang jelas jalanan rusak dan berlobang mengganggu aktivitas kami,” kata M. Amiruddin, warga Kemayoran, Minggu (11/3).

Yusmada Faisal, Kasudin PU Jalan Jakarta Pusat, mengakui banyaknya titik ruas jalan di wilayahnya yang rusak akibat tergenang air. Pihaknya juga telah melakukan perbaikan dan melakukan koordinasi dengan pihak Dinas PU.

Hanya saja dalam perbaikan dilakukan skala prioritas dan bertahap sehingga belum bisa seluruhnya. “Tentunya dengan banyaknya ruas jalan yang rusak, dalam perbaikannya dengan skala prioritas. Kami mengutamakan agar fungsi jalan berjalan, kenyamanan dan keselamatan warga pengguna jalan terjamin, sehingga tidak membahayakan,” ucapnya.

Dikatakan, di wilayah Jakarta Pusat hampir tidak ada jalan yang mengalami kerusakan parah. Kerusakan terbagi dua yakni kerusakan sebelum banjir dan kerusakan akibat terendam banjir. “Air yang merendam jalanan akan mempercepat kerusakan,” ujarnya.

GAMBIR ADA 44 TITIK
Beberapa titik ruas jalan yang mengalami kerusakan untuk wilayah Kecamatan Gambir ada 44 titik, di antaranya Jalan Batu Ceper I, Jalan Batu Tulis 10 dan Jalan Lematang.

Kecamatan Kemayoran ada 21 titik, diantaranya Jalan Intan, Jalan Taman Mutiara dan Jalan PAM 2. Kecamatan Tanah Abang ada 32 titik, seperti Jalan Taman Kb. Sirih dan Jalan Bendungan Hilir.

Kecamatan Menteng ada 42 titik seperti Jalan Besuki, Jalan Anyer, Jalan Kendal. Kecamatan Johar Baru ada 26 titik, seperti Jalan Tanah Tinggi I, Jalan Galur.

Kecamatan Senen ada 31 titik di antaranya Jalan Kramat Kwitang I G, Jalan Bungur. Kecamatan Sawah Besar ada 34 titik di antaranya Jalan Kartini 3, Jalan Dwi Warna dan Kecamatan Cempaka Putih ada 34 titik di antaranya Jalan Cempaka Putih Raya, Jalan Cempaka Putih Timur.

http://www.poskota.co.id/news_baca.asp?id=30662&ik=3