Menteri PU: BKT Berfungsi 2 Tahun Lagi
Laporan Wartawan Kompas Suhartono

JAKARTA, KOMPAS – Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Senin (12/3) siang, menjanjikan, Banjir Kanal Timur (BKT) secara fungsional dua tahun lagi akan berfungsi mencegah banjir di sekitar Jakarta. Namun, untuk kelengkapan infrastruktur di sekitar BKT seperti jembatan dan sebagainya diperlukan waktu selama tiga tahun lagi.

“Perlu waktu tiga tahun lagi keseluruhan fasilitas BKT dapat diselesaikan. Namun, secara fungsional, dua tahun lagi BKT dapat selesai dan berfungsi,” ujar Djoko.

Menurut Djoko, total panjang BKT adalah 16,7 kilometer. Tahun ini Pemerintah Provinsi DKI harus membebaskan lahannya terlebih dulu sepanjang 9 kilometer, yang akan segera dibangun oleh Departemen Pekerjaan Umum. Sedangkan yang sudah selesai dibangun BKT adalah sepanjang 7,7 kilometer.

“Yang sudah diselesaikan Pemprov DKI untuk BKT Rp 1,6 triliun. Tahun depan yang akan diselesaikan Rp 369 miliar. Tahun depan, Pemprov sediakan Rp 1,1 triliun, sehingga total yang harus ditanggung DKI Jakarta adalah Rp 3 triliun. Namun, Pemprov DKI bisa bekerja sama dengan swasta seperti di Kelapa Gading,” lanjut Djoko.

Adapun dana yang dipakai oleh pemerintah pusat, tambah Djoko, untuk menyelesaikan BKT ditetapkan sebesar Rp 6,5 triliun. “Untuk tahun ini, PU akan mendapat tambahan anggaran sebesar Rp 2,1 triliun,” demikian Djoko.

http://www.kompas.com/ver1/Metropolitan/0703/12/133732.htm