Nelayan Pesta Laut
Minggu 11 Maret 2007, Jam: 21:56:00

JAKARTA (Pos Kota) – Ratusan nelayan tardisional di Teluk Jakarta dan Pantura yang tergabung di dalam Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (PNTI) mengadakan pesta laut di pantai Marina, Ancol yang dikemas dalam Gema Nusantara Bahari 2007.

“Melalui kegiatan pesta laut ini kami berharap semua pihak mau lebih peduli dengan nasib nelayan,” kata Ketua Umum PNTI Mardjono SW didampingi Sekjen Hendrik Edy Purnomo, Minggu (11/3).

Pasalnya, berbagai persoalan saat ini mendera nelayan tradisional mulai dari keganasan musim Barat serta melonjaknya harga BBM pasca krismon. Semua ini tentu memerlukan partisipasi semua pihak untuk mengatasinya.

BIO DIESEL
Salah satu terobosan yang tengah dilakukan PNTI untuk membantu nelayan mengatasi persoalan tingginya harga BBM dengan cara memberikan solusi alternatif. Langkah yang ditempuh antara lain dengan memasyarakatkan penggunaan bio diesel sebagai pengganti BBM.

“Langkah ini diharapkan bisa lebih mensejahterakan nelayan,” tambah Mardjono.

Pasalnya, penggunaan bio diesel akan mengurangi biaya operasional melaut serta ramah lingkungan. Dalam jangka panjang langkah ini juga menyelamatkan SDA karena bio disel merupakan sumber energi yang bisa diperbaharui.

Acara pesta laut yang dihadiri sejumlah pejabat dari lingkungan TNI AL, Departeman Perikanan dan keluatan, serta pejabat lainnya itu berlangsung cukup meriah. Ejumlah artis seperti Mamiek Slamet juga turut hadir meramaikan acara.

Sedangkan kegiatan lainnya yang cukup banyak dihadiri peserta antara lain karnaval perahu nelayan, demontrasi keselamatan laut, panggung gembira, serta lomba melukis anak dengan thema kebaharian.

http://www.poskota.co.id/news_baca.asp?id=30668&ik=3