Kali Cipinang Meluap, Ratusan Rumah Terendam
Jumat 16 Maret 2007, Jam: 10:15:00

JAKARTA (Pos Kota)- Hujan yang mengguyur sebagian wilayah Jakarta semalam, mengakibatkan ratusan pemukiman warga yang tinggal di sisi Kali Cipinang, Jakarta Timur, terendam banjir.

Air dari luapan kali Cipinang mulai merambah ke permukiman warga sekitar pukul 03.00 dinihari Kamis (15/3) hingga siang dengan ketinggian antara 30 Cm-1 meter lebih .Wilayah yang paling parah di lingkungan RW 03 Kel. Pondok Bambu Kec. Durensawit, dan Kompleks Cipinang Indah Jakarta Timur.

Arus lalulintas di Kalimalang menuju Cawang dan sebaliknya macet sepanjang 2 Km, akibat sejumlah kendaraan milik warga Cipinang Indah diparkir di pinggir jalan Kalimalang. Hal ini membuat kendaraan tersendat karena praktis hanya satu ruans jalan yang bisa dilalui.

Di Jl. Basuki Rachmat arah Pondok Kopi-Kampung Melayu juga tersendat akibat genangan air di depan RS Duren Sawit.Sejumlah warga di Pondok Bambu hanya bisa memandangi rumahnya yang masih terendam air setinggi 1 meter. “Boro-boro mendapat bantuan. Pejabat di walikota maupun kecamatan saja tak menengok,” ungkap Edy, satu warga.

Diakui sebagaian besar warga bertempat tinggal tak jauh dari Kali Cipinang. Bila hujan deras, tak mustahil mereka kerap kebanjiran. ”Kami memang sering kebanjiran,” kata Edy, seraya menambahkan meski rumah tinggalnya terendam, keluarganya enggan mengungsi.

POHON TUMBANG
Walau banjir, tidak banyak warga yang mengungsi. Hanya di beberapa lokasi saja terlihat warga mengungsi ke tempat aman, seperti terlihat di Jl. Cipinang Muara II (ruko) di Jl.Basuki Rachmat dan GOR Kec. Makasar.

Banjir ini melanda permukiman warga Kel Cipinang Besar Utara, Kel. Cipinang Muara, Kel.Pondok Bambu, Duren Sawit, Klender, Kel Makasar, Kel. Kebon Pala, Kel. Halim Perdanakusuma, Kel. Pinang Ranti dan ,Kel. Cipinang Melayu.

Sementara akibat hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota Rabu malam, membuat sejumlah papan reklame dan pepohonan tumbang. Baliho raksasa di perempatan Cawang roboh membuar arus lalul lintas di sana tersedandat. Sejumlah pohon juga tumbang di Jl. Sugiono, I Gusti Ngurah Rai, DI Panjaitan, Kramatjati dan di kawasan Kalibata.-

http://www.poskota.co.id/news_baca.asp?id=30817&ik=3